Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN UJI BERKALA KENDARAAN BERMOTOR OLEH DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN ROKAN HULU TERHADAP TRUK PENGANGKUT SAWIT DI KECAMATAN UJUNGBATU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN

IKHRON NURADHA, - (2021) PELAKSANAAN UJI BERKALA KENDARAAN BERMOTOR OLEH DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN ROKAN HULU TERHADAP TRUK PENGANGKUT SAWIT DI KECAMATAN UJUNGBATU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG UPLOD.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)

Abstract

ABSTRAK Persyaratan teknis dan laik jalan diberlakukan wajib bagi seluruh kendaraan yang beroperasi di jalan namun pada saat ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 jenis kendaraan yang diwajibkan untuk melakukan uji berkala. Untuk itu pemerintah telah mengeluarkan kebijakan di bidang transportasi darat yaitu dengan dikeluarkannya UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sebagai Pengganti UU No. 14 Tahun 1992. Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, khususnya dalam menjalankan pelayanan pengujian kendaraan bermotor merupakan langkah preventif. Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, telah diwajibkan bagi setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan harus dilakukan pengujian Masalah pokok dalam penelitian ini ialah Pelaksanaan Uji Berkala Kendaraan Bermotor Oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Rokan Hulu Terhadap Truk Pengangkut Sawit Di Kecamatan Ujungbatu Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilihat dari jenisnya tergolong kedalam jenis penelitian Yuridis Sosiologis, yaitu penulis melakukakan penelitian langsung ke lokasi penelitian, sedangkan sifat penelitian ini yaitu bersifat deskriptif. Adapun penulis melakukan penelitian ini pada Dinas Perhubungan Kabupaten Rokan Hulu dan Masyarakat Kecamatan Ujungbatu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan Uji Berkala Kendaraan Bermotor Oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Rokan Hulu Terhadap Truk Pengangkut Sawit Di Kecamatan Ujungbatu Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan belum maksimal hal ini dibuktikan dengan data dari dinas perhubungan yang menyatakan banyak kendaraan yang wajib KIR tidak melakukannya, kurangnya pelaksanaan uji berkala ini juga di pengeruhi oleh faktor dari dinas perhubungan sendiri yang mana dinas perhubungan tidak memiliki personel dan anggaran yang dianggap tidak memadai guna melakukan pengecekan langsung ke jalan, yang mana cara ini merupakan salah satu cara yang paling ampuh guna melakukan pelaksanaan uji KIR secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:42
Last Modified: 17 Feb 2021 04:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41724

Actions (login required)

View Item View Item