Lusi Angraini (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 7 DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (238kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization(TAI)dengan pendekatan inkuiri dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan inkuiri dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 7 Dumai?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Randomized Pretest-Postest Conttrol Group Design. Dalam penelitian ini peneliti langsung berperan sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Dumai, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes. Dalam penelitian ini pertemuan dilaksanakan sebanyak tujuh kali, yaitu satu kali pertemuan dilaksanakan pretes, lima kali pertemuan dilaksanakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Inkuiri dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, uji varian untuk menguji homogenitas kemudian digunakan rumus uji t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization(TAI)dengan pendekatan inkuiri dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 7 Dumai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 May 2016 09:39 |
Last Modified: | 03 May 2016 09:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4157 |
Actions (login required)
View Item |