Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pelaksanaan Zakat Hasil Perkebunan Kelapa Sawit di Jorong Ranah Salido Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat

Novi Octari Ningsih, Novi (2021) Pelaksanaan Zakat Hasil Perkebunan Kelapa Sawit di Jorong Ranah Salido Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan zakat hasil perkebunan kelapa sawit di Jorong Ranah Salido, Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah para pemilik lahan perkebunan kelapa sawit di Jorong Ranah Salido. Sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan zakat hasil perkebunan kelapa sawit di Jorong Ranah Salido Kecamatan Lembah Melintang. Data penelitian diperoleh menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan zakat hasil perkebunan kelapa sawit di Jorong Ranah Salido Kecamatan Lembah Melintang yaitu: pertama, kurangnya kepercayaan terhadap amil zakat, hal ini dikarenakan pemilik perkebunan kelapa sawit itu takut jika zakat dari mereka tidak di salurkan kepada mustahik yang mereka inginkan. Kedua, waktu pembayaran zakat yang tidak sama, ada yang membayarnya ketika panen dan ada juga yang membayar zakatnya sekali setahun. Ketiga, pendistribusian dana zakat yang kurang tepat sasaran karena pemilik kebun kelapa sawit lebih mementingkan keluarga terdekat yang mereka anggap termasuk ke dalam golongan 8 asnaf. Keempat, pengetahuan tentang zakat perkebunan yang masih kurang, hal ini terbukti ada masyarakat yang menganggap bahwa zakat yang dikeluarkannya berupa shadaqah namun tetap dalam pemotongan 2,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Zakat, Perkebunan Kelapa Sawit, Pelaksanaan.
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:16
Last Modified: 18 Feb 2021 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41383

Actions (login required)

View Item View Item