Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Responsiveness Layanan Terhadap Tingkat Loyalitas Pelanggan Di One Refinery Coffeshop Ditinjau Menurut Ekonomi Islam

Abdillah Luthfian, Luthfi (2021) Pengaruh Responsiveness Layanan Terhadap Tingkat Loyalitas Pelanggan Di One Refinery Coffeshop Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terkait dengan responsiveness karyawan di One Refinery Coffeshop, dimana pelayanannya terkadang masih kurang baik ketika pengunjung cukup ramai. Ini dibuktikan dengan adanya beberapa pelanggan yang pesanannya sangat lama dibuat dan tidak ada konfirmasi dari karyawan. Padahal One Refinery Coffeshop bisa dikatakan mempunyai pelanggan yang loyal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berlokasi di One refinery Coffeshop, Jalan Delima Gang Delima Indah, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh responsiveness layanan terhadap tingkat loyalitas pelanggan, dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap pengaruh responsiveness layanan terhadap tingkat loyalitas pelanggan di One Refinery Coffeshop. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang dikemudian di analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan One Refinery Coffeshop. Sedangkan teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Setelah penelitian ini dilakukan dapat disimpulkan dari uji regresi sederhana antara responsiveness (X) terhadap loyalitas pelanggan (Y) menunjukan bahwa responsiveness yang diberikan karyawan One Refinery Coffeshop mempengaruhi loyalitas pelanggan secara positif dan signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0.792. Ini artinya kafe One Renifery Shop mampu memberikan pelayanan yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Berdasarkan uji t, responsiveness (X) mendapatkan hasil t hitung 6,209 dengan tingkat sinifikansi 0,000. Oleh karena probabilitas (0,000) lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara responsiveness terhadap loyalitas pelanggan pada One Refinery Coffeshop. Adapun tinjauan ekonomi Islam terhadap pengaruh resonsiveness layanan terhadap loyalitas pelanggan di One Refinery Coffeshop telah sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam, karena karyawan One Refinery Coffeshop sudah melakukan pekerjaan dengan profesional sesuai dengan hadist nabi yang menganjurkan untuk menyerahkan pekerjaan kepada ahlinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Feb 2021 03:52
Last Modified: 17 Feb 2021 03:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41339

Actions (login required)

View Item View Item