Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PERATURAN BUPATI KABUPATEN ROKAN HULU NOMOR 16 TAHUN 2019 TERHADAP PENGELOLAAN OBYEK WISATA RELIGI (MASJID AGUNG ISLAMIC CENTER) DI KABUPATEN ROKAN HULU

HILALUDDIN LUBIS, - (2021) PENERAPAN PERATURAN BUPATI KABUPATEN ROKAN HULU NOMOR 16 TAHUN 2019 TERHADAP PENGELOLAAN OBYEK WISATA RELIGI (MASJID AGUNG ISLAMIC CENTER) DI KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HILALUDDIN LUBIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wisata religi merupakan perjalanan yang memadukan antara wisata yang menikmati keindahan alam, bangunan dengan kepuasan rohani dalam hal ini, lebih mendekatkan hubungan manusia dengan sang pencipta. Wisata religi menimbulkan fenomena yang berkembang dikalangan masyarakat Islam yakni, ibadah spiritual atau proses pendekatan antara seorang hamba dengan tuhannya melalui ibadah spiritual (sholat, membaca Al-Qur’an dan tahlil) yang pada akhirnya menambah kadar keimanan seseorang kepada tuhannya. Penerapan Peraturan Bupati Kabupaten Rokan Hulu Nomor 16 Tahun 2019 terhadap pengelolaan obyek wisata religi (Masjid Agung Islamic Center) di Kabupaten Rokan Hulu tidak berjalan dengan baik yang mana Masjid Islamic Center Tersebut tersebut, banyak mengalami kendala dalam pelaksanaan pengelolaannya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Penerapan Peraturan Bupati Kabupaten Rokan Hulu Nomor 16 Tahun 2019 terhadap pengelolaan obyek wisata religi (Masjid Agung Islamic Center) di Kabupaten Rokan Hulu. Secara teoritis manfaat dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat terhadap pengelolaan masjid agung Islamic center Kabupaten Rokan Hulu Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis, yaitu penelitian lapangan yang menggunakan metode pendekatan yuridis empiris yakni melihat sesuatu kenyataan hukum di dalam masyarakat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. A nalisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Pelaksanaan atau penyelenggara pengelolaan Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu diselenggarakan oleh Badan pengelola khusus yang di bentuk oleh Bupati Kabupaten Rokan Hulu. Badan yang di bentuk oleh Bupati Kabupaten Rokan Hulu ini mempunyai tugas melaksanakan: pengelolaan, pemeliharaan, dokumentasi, bimbingan dan penyuluhan. Penerapan Peraturan Bupati Kabupaten Rokan Hulu Nomor 16 Tahun 2019 terhadap pengelolaan obyek wisata religi (Masjid Agung Islamic Center) di Kabupaten tidak terlaksana dengan baik diantara tahapan pelaksanaanya: (i) kurangnya koordinasi antar pengurus; (ii) kurangnya komunikasi dengan instansi terkait; (iii) minimnya anggaran; dan (iv) kurangnya kesadaran masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Feb 2021 14:24
Last Modified: 16 Feb 2021 14:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41334

Actions (login required)

View Item View Item