Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penguasaan Materi Pembelajaran Al Qur’an Hadits terhadap Kemampuan Berpidato Santri pada Pelatihan Dakwah di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al Mujtahadah Pekanbaru.

Eri Kurniawan, - (2021) Pengaruh Penguasaan Materi Pembelajaran Al Qur’an Hadits terhadap Kemampuan Berpidato Santri pada Pelatihan Dakwah di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al Mujtahadah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)

Abstract

ABSTRAK Eri Kurniawan, (2020): Pengaruh Penguasaan Materi Pembelajaran Al Qur’an Hadits terhadap Kemampuan Berpidato Santri pada Pelatihan Dakwah di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al Mujtahadah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan materi pembelajaran Al Qur’an Hadits terhadap kemampuan berpidato santri pada pelatihaan dakwah di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al Mujtahadah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini santri kelas VII dan Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al Mujtahadah Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini adalah penguasaan materi pembelajaran Al Qur’an Hadits terhadap kemampuan berpidato santri pada pelatihan dakwah. Populasinya adalah seluruh santri kelas 7 dan kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al Mujtahadah Pekanbaru yang berjumlah 122 orang siswa dan penarikan sample dengan Stratifiet Random Sampling dengan jumlah sampel 28 santri atau 25% dari popolasi. Penguasaan materi pembelajaran Al Qur’an Hadits terkategori “Baik” dengan persentase 73.57%, dan kemampuan berpidato santri pada pelatihan dakwah terkategori “Sangat Baik” dengan persentase 82.07%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penguasaan materi pembelajaran Al Qur’an Hadits terhadap kemampuan berpidato santri pada pelatihan dakwah di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al Mujtahadah Pekanbaru. Hal ini dilihat dari rhitung>rtabel baik dalam taraf 1% maupun 5% (0,361<0,542>0,463). Adapun persentase pengaruh penguasaan materi pembelajaran Al Qur’an Hadits terhadap kemampuan berpidato santri pada pelatihan dakwah adalah 54,2% sedangkan sisanya sebesar 45,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Penguasaan Materi Al Qur’an Hadits, Kemampuan Berpidato Santri Pada Pelatihan Dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Feb 2021 10:06
Last Modified: 16 Feb 2021 10:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41333

Actions (login required)

View Item View Item