Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS YURIDIS KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAM TAHUN 2020 TENTANG PENGELUARAN DAN PEMBEBASAN NARAPIDANA DAN ANAK MELALUI ASIMILASI DAN INTEGRASI DALAM RANGKA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYEBARAN COVID-19

AZIZAN SYAH, - (2021) ANALISIS YURIDIS KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAM TAHUN 2020 TENTANG PENGELUARAN DAN PEMBEBASAN NARAPIDANA DAN ANAK MELALUI ASIMILASI DAN INTEGRASI DALAM RANGKA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYEBARAN COVID-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AZIZAN SYAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK AZIZAN SYAH (11627103997, 2021) Analisis Yuridis Keputusan Menteri Hukum Dan Ham Tahun 2020 Tentang Pengeluaran Dan Pembebasan Narapidana Dan Anak Melalui Asimilasi Dan Integrasi Dalam Rangka Pencegahan Dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19. Skripsi ini membahas terkait Keputusan Menteri Hukum dan Ham Tahun 2020 yang telah ditetapkan pada tanggal 30 Maret 2020 yang lalu. Keputusan yang dikeluarkan ini sebagai bentuk Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 yang akhir-akhir ini telah mengemparkan dunia. Keputusan yang dikeluarkan ini banyak terjadi kontroversi dikalangan masyarakat, baik itu dari kalangan pemerintah, para akademisi, maupun dari kalangan masyarakat umum. Tujuan dalam penelitian ini tentunya untuk mengetahui analisis yuridis Keputusan Menteri Hukum dan HAM tahun 2020 tentang pengeluaran dan pembebasan narapidana dan anak melalui asimilasi dan integrasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19 serta dampaknya yang timbul dikalangan masyarakat umum. Jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian pustaka (Library Research). Studi kepustakaan (library research) yang merupakan suatu alat pengumpulan data yang dilakukan terhadap data-data tertulis, seperti Peraturan Perundangan-undangan, buku, jurnal, website, wikipedia, serta sumber tertulis lainnya yang mendukung pada penelitian ini. Dalam penelitian ini penulis menarik kesimpulan bahwa kebijakan pembebasan narapidana terkait dengan wabah corona ini, pemerintah menetapkannya melalui program asimilasi dan hak integrasi, yang mana syarat untuk medapatkan program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 10 Tahun 2020 dan Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020. Kemudian dampak yang timbul dari keputusan tersebut bagi kalangan masyarakat, seperti: Kontroversi dikalangan akademisi maupun masyarakat; Peningkatan kriminalitas dampak dari program asimilasi; serta Adanya pungli dari beberapa oknum sipir terhadap narapidana. Kata Kunci: Asimilasi, Integrasi, Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Feb 2021 03:23
Last Modified: 16 Feb 2021 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41316

Actions (login required)

View Item View Item