Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hubungan Pembelajaran Psikologi Agama dengan Perilaku Keagamaan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2017 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau

Rifza Hayan, - (2021) Hubungan Pembelajaran Psikologi Agama dengan Perilaku Keagamaan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2017 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)

Abstract

ABSTRAK Rifza Hayani, (2020) :Hubungan Pembelajaran Psikologi Agama dengan Perilaku Keagamaan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2017 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pembelajaran Psikologi Agama (variabel X) dan perilaku keagamaan mahasiswa Pendidikan Agama Islam (variabel Y). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan pembelajaran Psikologi Agama dengan perilaku keagamaan mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2017 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen Psikologi Agama dan mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2017 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau dan objeknya adalah hubungan pembelajaran Psikologi Agama dengan perilaku keagamaan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 166 mahasiswa, dan diambil sampel sebanyak 49 siswa, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling proporsional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya adalah korelasi kuantitatif menggunakan teknik product moment. Dari analisis data dapat dilihat bahwa pembelajaran Psikologi Agama berada pada kategori kuat dengan persentase 79,26% dan perilaku keagamaan mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2017 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau berada pada kategori kuat dengan persentase 77,62%. Sedangkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji korelasi product moment diperoleh dari r_hitung 0,633 lebih besar dari r_(tabel ) pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,288 maupun pada taraf 1% sebesar 0,372. Dengan demikian berarti H_a diterima dan H_0 ditolak, berarti ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran Psikologi Agama dengan perilaku keagamaan mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2017 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Kata Kunci: Hubungan, Pembelajaran, Psikologi Agama, Perilaku Keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Feb 2021 02:54
Last Modified: 16 Feb 2021 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41292

Actions (login required)

View Item View Item