Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH NEGERI 004 PULAU BIRANDANG

Nurahmi Sulastri, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH NEGERI 004 PULAU BIRANDANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURAHMI SULASTRI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurahmi Sulastri,(2020): Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetiton untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Tematik Muatan Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 004 Pulau Birandang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran tematik tema udara bersih bagi kesehatan melalui model pembelajaran auditory intellectualy repetition di kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Birandang, Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa, diantaranya siswa kurang mampu memahami permasalahan, siswa kurang mampu membuat rencana menyelesaian permasalahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 15 orang siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Birandang, dan objeknya adalah model pembelajaran auditory intellectualy repetition dan kemampuan siswa dalam melakukan pemecahan masalah. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi, teknik analisisnya yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran auditory intellectualy repetition dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal tersebut tergambar dari grafik hasil belajar mereka, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa hanya mencapai angka 51 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, nilai rata-ratanya meningkat menjadi 70, walaupun masih berada pada kategori kurang. selanjutnya dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II, nilai rata-ratanya kembali meningkat hingga mencapai angka 83 dan sudah berada pada kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran auditory intellectualy repetition dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Birandang. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:11
Last Modified: 18 Feb 2021 07:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41201

Actions (login required)

View Item View Item