Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Khairiyati, - (2020) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHAIRIATI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khairiyati, (2019) : Studi Komparasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif siswa. Rendahnya kemampuan kognitif siswa ini disebabkan oleh pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit siswa kelas X semester I di SMK Abdurrab Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Abdurrab Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019. Sampel terdiri dari 2 kelas yang pengambilannya menggunakan teknik cluster random sampling dan sebelumnya telah dilakukan uji homogenitas. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode tes dan laporan praktikum. Teknik analisis data berupa uji hipotesis yang dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 23.0 for windows. Hasil penelitian mendapatkan nilai rata-rata posttest pada kelas X TLM 1 83, 33 dan kelas X TLM 2 81, 54. Selanjutnya data hasil pengamatan dan penelitian hasil belajar siswa diuji dengan menggunakan t-test komparasi. Dengan hasil analisis nilai signifikansi sebesar 0,381 > 0,05 artinya Ho diterima. Berdasarkan hasil penelitian pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit siswa kelas X semester I di SMK Abdurrab Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019 dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci:Project Based Learning, Problem Based Learning, Hasil belajar, danLarutan Elektrolit dan Non Elektrolit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Feb 2021 15:00
Last Modified: 15 Feb 2021 15:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41183

Actions (login required)

View Item View Item