Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS Trichoderma sp. DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN Alternaria porri (Ellis) Cif. PENYEBAB PENYAKIT BERCAK UNGU PADA BAWANG MERAH SECARA IN VITRO

FIYA FHADILAH IHSANI, - (2021) EFEKTIVITAS Trichoderma sp. DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN Alternaria porri (Ellis) Cif. PENYEBAB PENYAKIT BERCAK UNGU PADA BAWANG MERAH SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Trichoderma sp. merupakan salah satu jamur yang bersifat antagonis, sehingga berpotensi untuk dikembangkan sebagai salah satu alternatif pengendalian hayati. Penelitian efektivitas umur kultur Trichoderma sp dalam menghambat pertumbuhan Alternaria porri (Ellis) Cif. sebelumnya belum pernah dilakukan, maka penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan umur kultur Trichoderma sp. yang paling efektif dalam menghambat pertumbuhan A. porri penyebab bercak ungu pada bawang merah secara in vitro. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2020 di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap 5 perlakuan (kontrol, umur kultur 4 HSI, 6 HSI, 8 HSI, dan 10 HSI) dengan 4 ulangan. Pengamatan yang dilakukan adalah karakteristik makroskopis pada Trichoderma sp. dan A. porri, laju pertumbuhan A. porri dan Trichoderma sp., hambatan pertumbuhan, daya hambat Trichodrma sp. terhadap A. porri, dan indeks anti jamur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur kultur Trichoderma sp. berpengaruh nyata terhadap hambatan pertumbuhan, daya hambat, dan indeks anti jamur terhadap menghambat pertumbuhan A. porri. Umur kultur 6 hari Trichoderma sp. adalah paling efektif dalam menghambat pertumbuhan A. porri. Kata Kunci: Alternaria porri, Antagonisme, Trichoderma sp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:59
Last Modified: 18 Feb 2021 07:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41178

Actions (login required)

View Item View Item