Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA KEUTUHAN KELUARGA DALAM PERNIKAHAN DINI (STUDI KASUS DI DESA KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPA KABUPATEN KAMPAR)

KHAIRUL SABRI, - (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA KEUTUHAN KELUARGA DALAM PERNIKAHAN DINI (STUDI KASUS DI DESA KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPA KABUPATEN KAMPAR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KAHIARUL SABRI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul skripsi ini adalah “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Upaya Keutuhan Keluarga Dalam Pernikahan Dini (Studi Kasus Di Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar)” Penulisan skripsi ini dilatarbalakangi bahwasannya Islam membolehkan melakukan pernikahan dini, terbukti bahwasannya di Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar yang melakukan pernikahan dini. Namun demikian pernikahan dini tetap aman, utuh dan baik-baik saja hingga saat ini tidak ada beda dengan orang yang melakukan pernikahan orang yang cukup umur. Kemudian yang mennjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya keutuhan keluarga dalam pernikahan dini di Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar? Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap upaya keutuhan keluarga dalam pernikahan dini di Desa Koto Perambahan Kecamatan Kmapa Kabupaten Kampar? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya keutuhan keluarga dalam pernikahan dini di Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar, dan kemudian ditinjauan berdasarkan hukum islam. Penelitian ini menggunakan studi lapangan (field research), sampel 8 orang dengan sumber data yaitu data primer, data skunder dan data tersier dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan analisa data kualitatif serta menggunakan metode penulisan dekduktif, induktif dan deskriptif. Hasil analisis penelitian menyatakan berdasar upaya keutuhan keluarga dalam pernikahan dini di Desa Koto Perambahan adalah saling bermusyawarah untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi di dalam rumah tangga, saling mecintai, memenuhi hak dan kewajiban, patuh pada suami, saling berbuat baik, saling menyayangi dan saling introspeksi diri, dan apabilah di tinjauan berdasarkan hukum islam tentang upaya yang dilakukan oleh pernikahan dini dalam mewujudkan keutuhan keluarga di Desa Koto Perambahan tersebut sudah memenuhi kriteria-kriteria dan unsur-unsur terbentuknya pernikahan dini. Kata Kunci: Pernikahan Dini Dan Kutuhan Keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Feb 2021 03:15
Last Modified: 16 Feb 2021 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41170

Actions (login required)

View Item View Item