Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK ANALISIS POLA KETERKAITAN ATRIBUT DATA MAHASISWA TERHADAP TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA

Vesty Audy Maharani, - (2021) IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK ANALISIS POLA KETERKAITAN ATRIBUT DATA MAHASISWA TERHADAP TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SEMUA KECUALI BAB IV DAN V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV dan V)
BAB 4 dan 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tingkat kelulusan mahasiswa merupakan hal yang penting untuk diperhatikan bagi suatu perguruan tinggi karena persentase kelulusan mempengaruhi penilaian pemerintah dan akreditasi program studi di perguruan tinggi. Selain itu juga berpengaruh terhadap keseimbangan jumlah mahasiswa. Berdasarkan data dari PTIPD Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau bahwa ≥80% peserta wisuda jurusan Teknik Informatika menempuh lama studi ≥ 8 semester. Lama studi ini berkaitan dengan tingkat kelulusan mahasiwa karena tingkat kelulusan mahasiswa dilihat dari lama studi dan IPK. Kelulusan mahasiswa juga dipengaruhi oleh data mahasiswa. Pada penelitian ini akan dicari pola keterkaitan antara data mahasiswa terhadap tingkat kelulusan mahasiswa menggunakan algoritma FP-Growth, dengan jumlah data 609 record data, atribut yang digunakan yaitu nilai mata kuliah Algoritma Pemograman, jalur masuk, lama studi dan IPK. Hasil pola yang ditemukan pada penelitian ini 128 pola. Pola 4 itemset dengan nilai confidence tertinggi adalah kombinasi jika jalur masuk SBMPTN, dan nilai Algoritma Pemograman D maka lama studinya 6-7 tahun dengan IPK < 3.00 dengan nilai support sebesar 2.95%, confidence 100% dan lift ratio 2.03. Hasil aplikasi yang dibangun menggunakan Matlab kemudian di uji menggunakan tools SPMF. Pengujian membuktikan hasil antara Matlab dengan tools bernilai sama dengan membandingkan jumlah pola, nilai support, confidence, dan lift ratio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:26
Last Modified: 17 Feb 2021 04:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41132

Actions (login required)

View Item View Item