Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektifitas Pembelajaran Berorientasi Retensi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Pekanbaru

Yuli Febriyanti, - (2021) Efektifitas Pembelajaran Berorientasi Retensi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yuli Febriyanti, (2020): Efektifitas Pembelajaran Berorientasi Retensi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui efektifitas pembelajaran berorientasi retensi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilitian deskriptif kualitatif Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, Sedangkan yang menjadi obyek dari penelitian ini adalah efektifitas pembelajaran berorientasi Retensi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Informan dalam penelitian ini yang menjadi informan kunci yaitu sebanyak dua orang guru. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif yan terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa efektifitas pembelajaran berorientasi retensi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong belum terlaksanan secara efektif karena hanya mencapai persentase 58,33%. Persentase ini berada pada interval 41%-60% dengan kategori cukup. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas pembelajaran berorientasi Retensi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Pekanbaru terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor intern meliputi faktor kompetensi yang telah berstatus PNS dan didukung pengalaman mengajar yang tergolong telah lama, sedangkan faktor intern yang menghambatnya yaitu belum terbiasanya guru dalam penggunaan audio vidual dan Power Point (PPT), sehingga kurang mampu menimbulkan daya ingat yang baik terhadap siswa, kemampuan intelektual siswa kurang, dan daya ingat siswa yang rendah dan kondisi psikologis siswa yang kurang siap menerima pelajaran. Faktor ekstern yang menghambatnya yaitu fasilitas yang dimiliki sekolah yang masih kurang dan akses informasi terhadap penggunaan media pembelajaran yang juga belum memadai, belum adanya kesiapan sarana dan prasana, baik dari segi fasilitas di sekolah maupun segi biaya. Kata Kunci: Efektifitas, Retensi, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Feb 2021 08:51
Last Modified: 16 Feb 2021 08:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41130

Actions (login required)

View Item View Item