Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI BENTUK ALJABAR

LAILI KHAIRIAH, - (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
skripsi langkap kecuali bab iv.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
17 BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Laili Khairiah, (2020) : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Model Pembelajaran Treffinger Pada Materi Bentuk Aljabar Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran Treffinger pada materi bentuk aljabar untuk siswa SMP yang memenuhi kriteria valid. Perangkat yang dikembangkan terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes Penilaian Hasil Belajar (PHB). Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Akan tetapi, pada prosedur penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (Development), dikarenakan keterbatasan waktu dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk ke sekolah akibat covid-19 tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru. Objek penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran Treffinger pada materi bentuk aljabar. Instrument pengumpulan data berupa lembar validasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas Silabus yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid ( 88,89% ), RPP yang dikembangkan tergolong kategori sangat valid ( 91,02% ), Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model pembelajaran Treffinger yang dikembangkan tergolong kategori sangat valid (89,12% ), dan Soal penilaian hasil belajar pada materi bentuk aljabar tergolong dalam kategori sangat valid ( 95,85% ). Hal tersebut menunjukkan Perangkat pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran Treffinger pada materi bentuk aljabar ini telah valid dan dapat dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, Perangkat pembelajaran matematika, Model pembelajaran Treffinger, Bentuk Aljabar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Feb 2021 05:02
Last Modified: 09 Feb 2021 05:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41083

Actions (login required)

View Item View Item