Salmadarus (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 015 DESA KERAMAT JAYA KECAMATAN PULAU BURUNG KABUPATEN INHIL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2011146.pdf Download (805kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran PAI. Hal ini terlihat dari 10 orang siswa terdapat 6 orang siswa atau 50% belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan dan kurangnya keinginan siswa untuk mengajukan pertanyaan atau pendapatnya ketika pembelajaran di kelas. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) bisa meningkatkan hasil belajar Murid Dalam Mempelajari Pendidikan Agama Islam (PAI) Murid Kelas V SDN 015 Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir? Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas V tahun pelajaran 2010 - 2011 dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah Penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas V SDN 015 Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir. Adapun waktu penelitian ini bulan Juli sampai dengan Oktober 2010. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran PAI. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya Penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)pada mata pelajaran PAI, diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai rata-rata 49,5 dengan kategori kurang. Pada siklus I hasil belajar siswa telah mencapai rata-rata 64,0, pada siklus II hasil belajar siswa mencapai cukup memuaskan dengan mencapai rata-rata 75,0. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran PAI dengan Penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)dapat dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 21 Dec 2015 05:47 |
Last Modified: | 21 Dec 2015 05:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41 |
Actions (login required)
View Item |