SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS OBJEK WISATA DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI (Studi Kasus : Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi )

Donel Dahesri, (2011) SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS OBJEK WISATA DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI (Studi Kasus : Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201171.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu bentuk penyajian informasi pariwisata itu adalah melalui penanyangan dalam bentuk data atau informasi secara visualisasi yang dikaitkan dengan kondisi geografis suatu wilayah. Sistem ini sering dikenal dengan Sistem Informasi Geografis (SIG). SIG akan menampilkan informasi mengenai tempat tempat dipermukaan bumi salah satunya kondisi lokasi objek wisata. Aplikasi SIG objek wisata di Kabupaten Kuantan Singingi ini memanfaatkan fasilitas GoogleMaps. Proses digitasi peta dilakukan secara online. Digitasi dilakukan dengan cara mengambil koordinat-koordinat tertentu yang ada di Google Map. Google Map API dengan JavaScricpt digunakan untuk memanggil peta online ke Google Map untuk menampilkan lokasi Kabupaten Kuantan Singingi serta memanipulasi peta. Untuk menentukan marker (penanda) lokasi objek wisata dipeta dibutuhkan file PHP dan MySQL. Data koordinat yang diperoleh dari Google Map dan semua data yang dibutuhkan sistem kemudian diinputkan di database dan data yang ada di database akan dikonversikan (plot) ke peta. Analisa pengembangan sistem menggunakan teknik analisa OOAD. Hasil yang diperoleh dari SIG objek wisata di Kabupaten Kuantan Singingi ini adalah informasi letak objek wisata serta data atributnya berupa nama lokasi, alamat, keterangan tentang objek wisata serta tampilan video objek wisata. Dengan penerapan SIG objek wisata di Kabupaten Kuantan Singingi akan memberikan efisiensi waktu dan kecepatan dalam mempromosikan objek wisata, masyarakat tidak lagi datang ke Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga untuk mendapatkan informasi tentang objek wisata yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. Kata kunci : OOAD, Sistem Informasi Geografis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Jan 2016 07:10
Last Modified: 06 Jan 2016 07:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item View Item