ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIALPADA TUNAGRAHITA (STUDI KASUS SLB AL-AZRA’IYAH TABEK PANJANG KECAMATAN PAYAKUMBUH KABUPATEN 50 KOTA PROVINSI SUMATERA BARAT)

Ilham Fauzi, (2014) ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIALPADA TUNAGRAHITA (STUDI KASUS SLB AL-AZRA’IYAH TABEK PANJANG KECAMATAN PAYAKUMBUH KABUPATEN 50 KOTA PROVINSI SUMATERA BARAT). Skripsi thesis, Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Tunagrahita adalah kelompok manusia yang memiliki keterbelakangan mental serta perkembangan kecerdasan dan sosialnya lebih lambat dari manusia normal. James M. Lipham(dalam Hermanto, 2011:14) mengemukakan ada lima aspek yang dinilai dalam menganalisis kepemimpinan kepala sekolah yaitu pengelolaan program pengajaran, kesiswaan, personil sekolah, keuangan, sarana dan prasarana sekolah, dan hubungan sekolah dengan orang tua siswa/i. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa Al-Azra’iyah Tabek Panjang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota. Penulis melakukan penelitian ini untuk menganalisis kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan interaksi sosial pada anak tunagrahita di SLB Al-Azra’iyah. Sejalan dengan tujuan penelitian di atas, maka populasi penelitian ini adalah pengurus yayasan, kepala sekolah, guru dan orang tua siswa/i. Selanjutnya penulis mengambil sampel dengan teknik sampling jenuh atau sensus. Yaitu semua populasi dijadikan sampel karena jumlah populasi relatif kecil dan semua responden berada pada wilayah yang sama. Responden penelitian ini terdiri dari 3 orang pengurus yayasan, 1 orang kepala sekolah, 5 orang tenaga pengajar dan 31 orang tua siswa/i SLB Al-Azra’iyah. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan observasi. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu setelah data terkumpul melalui angket, wawancara dan observasi, data tersebut diolah dengan menggunakan rumus persentase kemudian dilakukan pengelompokan dalam 2 kriteria penilaian yaitu ya dan tidak. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah Cukup Baik. Hal ini dikarenakan kepala sekolah belum mampu mengelola dengan baik kelima aspek dalam kepemimpinan kepala sekolah. SLB Al-Azra’iyah masih kekurangan 2 orang guru dalam mengajar anak tunagrahita, dalam hal sarana dan prasarana, sekolah belum mampu menyediakan seluruh media pembelajaran yang dibutuhkan, dan dalam pengelolaan hubungan sekolah dengan orang tua, terlihat belum seluruh orang tua siswa/i perhatian terhadap kegiatan sekolah. Kata kunci: Kepemimpinan KepalaSekolah,Tunagrahita, Interaksi Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 02 May 2016 08:07
Last Modified: 02 May 2016 08:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4088

Actions (login required)

View Item View Item