Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMAN 1 KATEMAN INDRAGIRI HILIR RIAU

Rabi’atul Adawiyah, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMAN 1 KATEMAN INDRAGIRI HILIR RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
RABI'ATUL ADAWIYAH.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rabi’atul Adawiyah, (2020): Pengaruh Penerapan Model GruopInvestigation Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa terhadap Pengetahuan Awal Matematis Siswa SMA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model GroupInvestigation terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA N 1 KATEMAN Indragiri Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Desain yang digunakan adalah Faktorial Eksperimen design. Populasi pada penelitian ini adalah SMA N Kateman yang terdiri dari 5 lokal. Selanjutnya ditetapkan pada siswa kelas XI.IPA 4 dan kelas XI.IPA 5. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data beserta instrumen penelitian adalah test berupa soal Pengetahuan awal dan posttes berupa soal kemampuan pemahan konsep matematis siswa . selain itu, lembar observasi digunakan untuk memantau kesempurnaan guru dalam penerapan model pembelajaran. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakanuji-t dan uji anova dua arah.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Group Investigation dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dapat dilihat dari rata-rata kelas eksperimen sebesar 89,83 dan kelas control sebesar 79,83, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki Pengetahuan Awal Matematis tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMA dapat dilihat dari yaitu 7,81 > 3,14 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan pengetahuan awal matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA dilihat dari yaitu -2,03 < 3,14.. Kata kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Pengetahuan Awal Matematis Siswa, Factorial Eksperimental Design, Barisan Deret Aritmatika dan Geometri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:49
Last Modified: 15 Feb 2021 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40751

Actions (login required)

View Item View Item