MUSLIHA, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (41MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Musliha, (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning Siswa Madrasah Tsanawiyah di Rokan Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self regulated learning siswa madrasah tsanawiyah di Rokan hulu. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan desain factorial experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Rokan Hulu tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self regulated learning, lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta dokumen yang berupa data-data administrasi sekolah. Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis 1, 2 dan 3 adalah uji anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, pada hipotesis 1 diperoleh F_((B)) hitung=13,83>F_((B)) tabel=3,99 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Hasil analisis data pada hipotesis 2 diperoleh F_((A)) hitung=15,01>F_((A)) tabel=3,14 dengan demikinan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki self regulated learning tinggi, sedang dan rendah. Sedangkan pada hipotesis 3 diperoleh F_((AxB)) htung=-1,95<F_((AxB)) tabel=3,14 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran problem based learning dengan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Regulated Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 07:39 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 07:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40732 |
Actions (login required)
View Item |