Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DAN pH LARUTAN GARAM

Suci Pratiwi, - (2020) PENGARUH PENGGUNAAN BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DAN pH LARUTAN GARAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUCI PRATIWI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Suci Pratiwi, (2019) : Pengaruh Penggunaan Blended Learning Berbasis Scholoogy Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam . Dalam proses pembelajaran guru dituntut memilih metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penggunaan media berbasis teknologi, informasi dan komunikasi dibutuhkan dalam pembelajaran . Salah satu media yang dapat digunakan adalah Schoology. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi kesetimbangan ion dan ph larutan garampeserta didik menggunakan model pembelajaran blended learning berbasis schoology. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental deign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Tapung Hilir pada kelas XI Tahun Ajaran 2018/ 2019 dan sampel merupakan peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik acak kelas. Analisis data dengan menggunakan anova satu jalur (one way anova). Perhitungan data dianalisis menggunakan statistika inferensial dengan bantuan aplikasi sofware SPSS 16.0. Hasil perhitungan data penelitian diperoleh bahwa nilai sig < α, dimana nilai signifikannya sebesar dengan tingkat siginifikan dibawah 0,05 yaitu sebesar 0,003. Menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar materi kesetimbangan ion dan ph larutan garam meningkat melalui pembelajaran blended learning berbasis schoology. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran blended learning berbasis schoology terhadap peningkatkan hasil belajar materi kesetimbangan ion dan ph larutan garam peserta didik. Kata Kunci : Blended learning, Schoology, dan Hasil Belajar Materi Kesetimbangan Ion Dan pH Larutan Garam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:17
Last Modified: 09 Feb 2021 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40697

Actions (login required)

View Item View Item