Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III Sekolah Dasar Negeri 007 Tanjung Air Hitam Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan.

Saputri, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III Sekolah Dasar Negeri 007 Tanjung Air Hitam Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)

Abstract

ABSTRAK Saputri, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III Sekolah Dasar Negeri 007 Tanjung Air Hitam Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa khususnya pelajaran Matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 007 Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa di kelas III Sekolah Dasar Negeri 007 Tanjung Air Hitam Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 22 siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatiftipe Make A Match dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas III Sekolah Dasar Negeri 007 Tanjung Air Hitam Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan. Hal ini dapat diketahui bahwa sebelum dilakukan tindakan aktivitas belajar siswa dengan persentase 33,70% atau tergolong “Rendah”. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siklus I aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 57,75% atau tergolong “Cukup Tinggi”. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 83,33% atau tergolong “Sangat Tinggi”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningatkan aktivitas belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 007 Tanjung Air Hitam Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:37
Last Modified: 09 Feb 2021 02:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40694

Actions (login required)

View Item View Item