Ardilla Rahmadani, - (2021) Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
Abstract
ABSTRAK Ardilla Rahmadani, (2020): Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema indahnya kebersamaan melalui penerapan model cooperative integrated reading and composition di kelas IV SD Negeri 007 Bangkinang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami teks yang dibaca. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objeknya adalah penerapan model cooperative integrated reading and composition dan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa model cooperative integrated reading and composition dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini terlihat dari sebelum tindakan rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa hanya mencapai persentase 50,8 kategori tidak mampu karena pada rentang < 54%. Pada siklus I rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai 64,5 kategori kurang mampu karena pada rentang 55% - 69%. Pada siklus II rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 75,4 ketegori mampu karena pada rentang 70% - 79%. Dengan demikian model CIRC dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas IV sekolah dasar Negeri 007 Bangkinang. Kata Kunci: Model Cooperative Integrated Reading and Composition, Kemampuan Membaca Pemahaman
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 02:50 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 02:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40693 |
Actions (login required)
View Item |