Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSIAPAN PEGAWAI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA PROVINSI RIAU DALAM MENGHADAPI MASA PENSIUN (Studi Kasus di Dinas PMD Provinsi Riau)

Eka Mawarti, - (2020) PERSIAPAN PEGAWAI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA PROVINSI RIAU DALAM MENGHADAPI MASA PENSIUN (Studi Kasus di Dinas PMD Provinsi Riau). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI EKA MAWARTI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Eka Mawarti Nim : 11542204992 Jurusan : Bimbingan Dan Konseling Islam Judul : Persiapan Pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Riau Dalam Menghadapi Masa Pensiun (Studi Kasus Di Dinas PMD Provinsi Riau). Latar belakang penelitian ini dengan adanya fenomena bahwa ada salah satu orang pegawai dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa bercerita tentang persiapannya ketika akan pensiun, persiapannya dari aspek waktu luang digunakan untuk menyalurkan hobi yakni menanam sayuran hidroponik dan memelihara ikan untuk dijual, terus aspek ekonomi kurang mengelola keuangan dengan menabung, disebabkan kebutuhan lebih banyak sehingga uang yang akan ditabung tidak bisa. Kemudian, timbul permasalahan kurangnya memahami tentang persiapan pensiun secara material maupun in-material, berarti pegawai belum bisa memperkirakan persiapan apa saja dalam menghadapi masa pensiunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan memahami bagaimana seorang pegawai mempersiapkan pensiunnya ketika akan memasuki usia pensiun. Metode didalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif. Informen penelitian berjumlah 2 orang pegawai yang akan pensiun dan 1 orang yang dijadikan sebagai kevalidan data yakni kabag umum di PMD. Dan subjek penelitian adalah pegawai yang akan pensiun 1 tahun, objek penelitiannya adalah persipan pensiun. Kemudian teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian adalah dengan merencanakan 7 persiapan pensiun yang terdiri dari persiapan keuangan dimulai pegawai awal kerja di PMD harus mulai juga membuat perencanaan keuangan 20 tahun kedepan untuk pensiun, persiapan asuransi kesehatan menjamin hari tua ketika sakit, usaha legal sarana untuk investasi, kebugaran yakni dengan hidup teratur dimulai dari makanan, gaya hidup, dan prinsip kesehatan, penyesuaian peran ketika sudah pensiun tentu adanya merasa sendiri (kesepian) tanpa keluarga, dimana akan tinggal yakni pegawai yang akan pensiun ingin tetap tinggal sendiri dengan pasangan dan jikalau nanti sakit selanjutnya keluarga atau anak yang mengurusi, kegiatan waktu luang yakni pegawai membuat kegiatan menyalurkan hobi juga sekaligus menghasilkan uang, hal ini dapat menjadi tolak ukur persipan pensiun tersebut. Hasil penelitian menyarankan bahwa persiapan pensiun sangat diperlukan ketika pegawai akan memasuki masa pensiun agar nantinya pegawai yang akan pensiun tidak gamang dihari tuanya. Kata Kunci: Persiapan Pegawai, Masa Pensiun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Feb 2021 01:42
Last Modified: 10 Feb 2021 01:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40627

Actions (login required)

View Item View Item