Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Usulan Manajemen Persediaan Model Probabilistik pada Unit Transfusi Darah Pekanbaru (Studi Kasus: Unit Transfusi Darah Kota Pekanbaru)

Aprian Saputra, - (2021) Usulan Manajemen Persediaan Model Probabilistik pada Unit Transfusi Darah Pekanbaru (Studi Kasus: Unit Transfusi Darah Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Aprian Saputra (11552101744) WATERMARK 1.docx

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
Aprian Saputra (11552101744) watermark 2.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)

Abstract

Unit Transfusi Darah Kota Pekanbaru merupakan sebuah instansi yang memiliki tugas yang sesuai dengan peraturan Kementrian Kesehatan tahun 2014 yaitu menjamin ketersediaan darah, mutu, keamanan, sistem informasi pendonor darah, akses, rujukan dan efisiensi pelayanan darah di daerah Kota Pekanbaru. Dalam menjalankan tugasnya Unit Transfusi Darah Kota Pekanbaru memiliki masalah pada permintaan yang tidak sebanding dengan persediaan darah yang menyebabkan out of stock pada persediaan darah. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui jumlah persediaan darah yang optimal menggunakan metode EOQ Probabilistik melalui pendekatan P dan Q serta menentukan metode persediaan terbaik dalam pengambilan keputusan persediaan darah. Hal yang diperoleh dari penelitian ini adalah terpilihnya metode Weighted Moving Average pada komponen darah Whole Blood dan Packed Red Cell serta metode Moving Average pada komponen darah Fresh Frozen Plasma untuk meramalkan permintaan komponen darah dan mengetahui kebutuhan komponen darah yang diperlukan. Berdasarkan hasil perhitungan biaya persediaan metode Q menjadi metode yang paling optimal dengan total biaya persediaan yang lebih kecil dibandingkan metode P.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 09 Feb 2021 01:48
Last Modified: 09 Feb 2021 01:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40619

Actions (login required)

View Item View Item