Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN PROGRAM BUDAYA SEKAR GENDING DI I CHANNEL TV BANDUNG

FAJAR RIZALDI PRATAMA, - (2021) STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN PROGRAM BUDAYA SEKAR GENDING DI I CHANNEL TV BANDUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

i ABSTRAK Nama : Fajar Rizaldi Pratama Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Kreatif Produser Dalam Mempertahankan Program Kebudayaan Sekar Gending di I Channel TV Bandung Dalam membuat sebuah program acara yang menarik seorang produser harus memiliki strategi dan kreatifitas agar tayangan yang dihasilkan dapat diminati oleh penonton dan memiliki ciri khasnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif produser program Sekar Gending di I Channel TV Bandung dalam mempertahankan program kebudayaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari, 1 orang Produser, 1 orang kameraman dan 1 orang editor. Produser Sekar Gending menerapkan 13 strategi kreatif meliputi target penonton, bahasa naskah, format acara, punching line, gimmick dan funfare, ritme dan birama, logo dan musik track untuk ID Tune, general rehearsal, interactive program. Produser telah menerapkan 13 strategi tersebut. Tetapi dalam mempertahankan program kebudayaan ini, dari 13 strategi tersebut produser lebih menekankan kepada 3 yaitu format acara, musik dan fashion, serta gimmick dan funfare. Format acara pada hal ini produser mencari ide kreatif untuk materi yang dapat diangkat, musik merupakan hal yang sering ditampilkan dalam program dan untuk fashion produser selalu mengangkat pakaian khas Jawa Barat. Pada gimmick dan funfare produser menggunakan sesuai dengan konsep dan keahlian narasumber yang ditayangkan. Kata kunci : Strategi Kreatif, Produser, Program Sekar Gending, Program Kebudayaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Feb 2021 03:51
Last Modified: 10 Feb 2021 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40593

Actions (login required)

View Item View Item