Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ISOLASI DAN PENAPISAN PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA DARI TANAH DI SEKITAR PERAKARAN Goniothalamus sp.

Deni Asmita, - (2021) ISOLASI DAN PENAPISAN PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA DARI TANAH DI SEKITAR PERAKARAN Goniothalamus sp. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Goniothalamus sp. adalah salah satu tumbuhan yang tumbuh di kawasan hutan lindung yang masih alami dan kaya akan mikroorganisme. Tujuan penelitian untuk mendapatkan isolat bakteri dari perakaran Goniothalamus sp. dikawasan yang berpotensi sebagai plant growth promoting rhizobakteria (PGPR). Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan Januari – Maret 2020 di Laboratorium Patologi, Entomologi, Mikrobiologi dan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau serta Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan dan Lingkungan Pekanbaru. Metode yang dilakukan merupakan metode Observasi yaitu dengan mengambil sampel tanah yang dikompositkan dan data disajikan dalam bentuk deskriptif. Data yang diamati meliputi jumlah populasi bakteri, pH tanah, makroskopis, mikroskopis, identifikasi, uji biokimia bakteri dan uji aktivitas biologi bakteri (BPF dan agen biokontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pH tanah pada rizhosfer tanaman goniothalamus sp. pada kedalaman 0-20 cm adalah 3,50 dengan jumlah populasi 2,21 × 106 CFU/g. Hasil identifikasi didapatkan genus bakteri yaitu Acinetobacter sp, Staphylococcus sp, Bacillus sp1, Bacillus sp2. Empat isolat bakteri yaitu Acinetobacter sp, Staphylococcus sp, Bacillus sp1, Bacillus sp2 tidak mampu berperan sebagai agen biokontrol. Genus Bacillus sp1 dan Bacillus sp2 mampu melarutkan fosfat. Kata Kunci: BPF, daya hambat, Goniothalamus sp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 08 Feb 2021 07:45
Last Modified: 08 Feb 2021 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40575

Actions (login required)

View Item View Item