PERANAN PEMERINTAH KELURAHAN DALAM MENCIPTAKAN GOOD GOVERNMENT Studi kasus pada pemerintahan kelurahan air molek I kecamatan pasir penyu kabupaten indragiri hulu

Kalian, (2011) PERANAN PEMERINTAH KELURAHAN DALAM MENCIPTAKAN GOOD GOVERNMENT Studi kasus pada pemerintahan kelurahan air molek I kecamatan pasir penyu kabupaten indragiri hulu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201191.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Pemerintah kelurahan merupakan unit pemerintahan terkecil di Indonesia yang juga merupakan lembaga pemerintahan yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Kelurahan juga merupakan unit pemerintahan yang sering mendapat opini negative dari masyarakat. Opini tersebut berupa kurangnya kualitas sumberdaya manusia, sering terjadinya praktek korupsi, kolusi dan nepotisme seperti pungutan liar, aparatur pemerintahan yang sering tidak berada ditempat dan lain sebagainya. Untuk itu perlu dilihat bagaimana peran permerintahan kelurahan dalam menciptakan good governmet diwilayah kerjanya. Dalam skripsi ini penulis mengambil lokasi di kelurahan Air Molek I kecamatan pasir penyu kabupaten Indragiri Hulu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana komitmen pemerintahan kelurahan Air Molek I dalam menciptakan Good Government diwilayahnya dan juga untuk mengetahui dampak Good Government dalam pemberian pelayanan prima dikelurahan Air Molek I. Sampel dalam skripsi ini adalah Lurah, aparatur kelurahan yang berjumlah tujuh orang, kepala lingkungan, masyarakat yang berjumlah 30 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan menggunakan teknik analisa pengumpulan data meliputi observasi, kuesioner, wawancara dan juga studi kepustakaan. Yang kemudian data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisa data kualitatif. Pemerintahan kelurahan Air Molek I telah memiliki komitmen yang kuat dalam upaya untuk mencapai Good Government diwilayahnya. Hal ini tidak terlepas dari peran Lurah sebagai pimpinan yang menegur bawahannya bila tidak melayani masyarakat dengan baik. Selain itu juga, aparatur kelurahan danjuga kepala lingkungan juga berusaha memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat sesuai dengan prinsip-prinsip Good Government.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 06 Jan 2016 09:05
Last Modified: 06 Jan 2016 09:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item