Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS FISIK KOMPOS BATANG PISANG YANG DIBERI BERBAGAI JENIS BIOAKTIVATOR

WAHYUDI RIZKY, - (2021) KUALITAS FISIK KOMPOS BATANG PISANG YANG DIBERI BERBAGAI JENIS BIOAKTIVATOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Limbah yang dihasilkan oleh produksi pertanian yang tidak dipergunakan lagi menyebabkan pencemaran lingkungan dan kerusakan alam, salah satu cara untuk menguragi limbah hasil pertanian yang menumpuk agar dapat di daur ulang dan bermanfaat yaitu dengan cara mengoposkannya untuk menjadi pupuk organik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jenis bioaktivator terbaik terhadap kualitas fisik kompos batang pisang dan kesesuaiannya dengan standar SNI. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) 1 faktor yang terdiri dari 5 taraf yaitu: (0:tanpa perlakuan, 1:EM4, 2:mol keong, 3: mol rebung bambu, 4: mol tomat) Hasil penelitian ini diperoleh, sifat fisik kompos batang pisang meliputi suhu, warna, bau, tekstur, penyusutan, dan kadar air sudah memenuhi SNI 19-7030-2004, kecuali parameter penyusutan pada perlakuan kontrol, kompos dengan perlakuan MOL rebung bambu memiliki sifat terbaik dilihat dari penyusutan bobot kompos. Kata Kunci:Kompos Batang pisang, MOL (mikroorganisme lokal).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 08 Feb 2021 07:20
Last Modified: 08 Feb 2021 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40296

Actions (login required)

View Item View Item