Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan LKPD Terintegrasi Nilai Islam Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kota Pekanbaru

Hartika Desi Triani, - (2020) Pengembangan LKPD Terintegrasi Nilai Islam Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kota Pekanbaru. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hartika Desi Triani, (2020): Pengembangan LKPD Terintegrasi Nilai Islam Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kota Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyampaian materi ajar matematika, guru belum mengintegrasikan nilai-nilai Islam. Selama ini dalam proses pembelajaran materi matematika yang disampaikan hanya bersumber pada buku paket, sedangkan penggunaan LKPD sebagai bahan ajar hanya sesekali. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan tingkat validitas hasil pengembangan LKPD terintegrasi nilai Islam pada peserta didik di sekolah dasar negeri kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE namun hanya dibatasi sampai tahap pengembangan (uji validitas). Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi pakar berupa angket yang hasilnya kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan SPSS versi 23.00 for Windows. Hasil penelitian pengembangan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan sebagai berikut: 1) proses pengembangan media pembelajaran komik berbasis Islami terdiri dari tahap analisis, tahap desain, dan tahap pengembangan. Hasil produk berupa LKPD berbasis integrasi nilai Islam dengan pendekatan saintifik yang dikemas dalam bentuk buku. Pada produk ini menyuguhkan fasilitas LKPD berbasis integrasi nilai Islam dengan pendekatan saintifik dengan perpaduan teks dan gambar; dan 2) penelitian menghasilkan LKPD berbasis integrasi nilai Islam dengan pendekatan saintifik yang valid sebesar 83,1% dengan kriteria “Sangat Valid” pada aspek materi sedangkan pada aspek media/teknologi sebesar 81,51% dengan kriteria “Sangat Valid.” Kata Kunci: Pengembangan, LKPD Terintegrasi Nilai Islam, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Matematika, Validitas

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 09 Feb 2021 01:29
Last Modified: 09 Feb 2021 01:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40293

Actions (login required)

View Item View Item