Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RADIKALISME DALAM KISAH ABRAHAH PERSPEKTIF SURAH AL-FIIL

FATZRY HAZIF DARMAYOU, - (2020) RADIKALISME DALAM KISAH ABRAHAH PERSPEKTIF SURAH AL-FIIL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FATZRY HAZIF DARMAYOU.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas mengenai radikalisme dalam kisah Abrahah perspektif surah Al-Fiil. Radikalisme merupakan suatu paham yang dibuat-buat oleh sekelompok orang yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial atau politik secara drastis dengan menggunakan cara-cara kekerasan. Embrio dari radikalisme ini sudah terlihat sejak zaman jahiliyah, tetapi hanya penggunaan dalam masalah diksi dan perkembangan masyarakat yang membatasinya. Radikalisme sudah muncul dari beberapa publik figur yang Allah dan Rasulnya abadikan dalam tinta emasnya yaitu al-Quran dan Hadis. Surah al-Fiil hadir sebagai kajian dalam penggalian radikalisme, dalamnya terdapat kisah raja Abrahah yang menjadi tinjauan dalam penelitian ini. Maka skripsi ini mengkaji pandangan mufasir serta menyimpulkan sikap radikal yang dimunculkan oleh raja Abrahah ketika menghancurkan Ka‟bah. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research) dan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi tematik (maudhu‟i). Data-data yang terkait dengan penelitian ini dikumpulkan melalui studi pustaka dengan pendekatan analisis data kualitatif. Penelitian ini disajikan dengan teknis analisis deskriptif, yaitu dengan menjelaskan ayat perayat yang berhubungan, dengan merujuk pada al-Qur‟an sebagai data primer dan buku-buku literatur yang berkaitan sebagai data sekunder. Adapun hasil penelitian dari surah al-Fill menjelaskan kisah pasukan bergajah yang percaya diri dengan kekuatan, harta, dan kemampuan mereka untuk melakukan kekejaman dengan pasukan besar yang tidak terkalahkan. Kemudian Allah SWT menghancurkan mereka semua tanpa terkecuali ketika hendak merobohkan Ka'bah. Mereka dihancurkan dengan kerikil-kerikil llahi yang ada di dalam cengkraman kaki burung kecil. Dan adapun radikalisme pada kisah Abrahah dalam perspektif surah al-Fiil dapat disimpulkan atas tiga poin, yaitu; Mengklaim kebenaran tunggal dan menyesatkan yang lain, Kasar dalam bertindak, dan Menyatakan perang terhadap orang yang berseberangan faham. Kata Kunci : Radikalisme, Abrahah, Perspektif, Al-Fiil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 08 Feb 2021 08:12
Last Modified: 08 Feb 2021 08:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40244

Actions (login required)

View Item View Item