Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Responsiveness Dan Tangibles Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Riak Danau Pelalawan Menurut Ekonomi Islam”

Eko Hasan, - (2021) Pengaruh Responsiveness Dan Tangibles Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Riak Danau Pelalawan Menurut Ekonomi Islam”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Eko Hasan (2020) : “Pengaruh Responsiveness Dan Tangibles Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Riak Danau Pelalawan Menurut Ekonomi Islam” Penelitian ini dilatarbelakangi bedasarkan fenomena yang ada dimana daya tanggap (responsiveness) dan bukti fisik (tangibles) dapat menjadi faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen karena hal tersebut berkaitan langsung dengan pelayanan yang diberikan kepada konsumen, pelayanan yang tanggap dan kecukupan sarana dan prasarana akan memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumennya. Tujuan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel responsiveness dan tangibles terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Riak Danau Pelalawan dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam tentang responsiveness dan tangibles terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Riak Danau Pelalawan. Penelitian ini dilakukan pada Rumah Makan Riak Danau Pelalawan yang di Jl. Lintas Timur Sorek Satu Kabupaten Pelalawan.Populasinya sebanyak 61.780 orang diambil dari data tahun 2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang terdiri dari pemilik, pegawai dan pelanggan rumah makan, yang diambil berdasarkan rumus Rata-Rata pengambilan populasi, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling. hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 11.558+ 0.719X1 + 0.316X2 + e artinya bahwa variabel responsiveness dan tangibles berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan konsumen. Secara parsial variabel responsiveness berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan thitung>ttabel yaitu 6.781> 1.987. dan variabel tangibles juga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan thitung>ttabel yaitu 2.402>1.987. Secara simultan responsiveness dan tangibles berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan Fhitung > Ftabel yaitu 48.487 > 3.09.Untuk uji R2 sebesar 0.500. Nilai tersebut menggambarkan bahwa sumbangan pengaruh variabel independen (responsiveness dan tangibles) terhadap naik turunnya variabel dependen (kepuasan konsumen) adalah sebesar 50,0% dan sisanya 50.0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas didalam penelitian ini. Dalam tinjauan Ekonomi Islam, pengaruh responsiveness dan tangibles terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Riak Danau telah sesuai dengan syariat islam, dari sisi Responsiveness meliputi: melayani dengan profesional, bersungguh-sungguh, melayani dengan ramah serta menjalin hubungan yang baik kepada pelanggannya dan dalam sisi bukti fisik meliputi: lingkungan yang bersih, sarana dan prasarana yang telah memadai serta tersedianya tempat parkir yang luas sedangkan dari sisi kepuasan konsumen meliputi: Terpenuhi kebutuhan pokok, adanya maslahat dan manfaat yang didapat, terdapat berkah ketika mengkomsumsinya serta terjamin kehalalan produk nya. Dari praktek yang dijalankan oleh Rumah Makan Riak Danau maka tidak ada ditemui indikasi yang bertentangan dengan syariat islam. Keyword : Responsiveness, Tangibles dan Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 Feb 2021 15:11
Last Modified: 08 Feb 2021 15:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40240

Actions (login required)

View Item View Item