Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Menurut Ekonomi Islam.

Nurfitriani, - (2021) Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Menurut Ekonomi Islam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurfitriani, (2020): Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Menurut Ekonomi Islam. Penelitian ini di latar belakangi oleh pengamatan penulis untuk mengetahui peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk kesejahteraan masyarakat desa Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar menurut Ekonomi Islam. BUMDes di bentuk dengan tujuan menambah pendapatan asli desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah selama berdirinya BUMDes jumlah masyarakat yang tergolong sejahtera tingkat I masih menjadi mayoritas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Harapan Negeri untuk kesejahteraan masyarakat desa Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar serta factor pendukung dan penghambatnya. Serta bagaimana tinjauan Ekonomi Islam mengenai peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Harapan Negeri untuk kesejahteraan masyarakat desa Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar. Penelitian ini dilakukan di desa Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, angket, wawancara, serta dokumentasi. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah para pegawai dan masyarakat yang menjadi nasabah BUMDes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 90 orang yang terdiri dari 3 orang pegawai BUMDes dan 87 orang nasabah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh, penulis menyimpulkan bahwa peranan Badan Usaha Milik Desa Harapan Negeri untuk kesejahteraan masyarakat desa Pongkai Istiqomah sudah dikatakan berperan, tapi belum maksimal. Peranan BUMDes terlihat dari unit-unit usahanya yang membantu dan mempermudah masyarakat. BUMDes Harapan Negeri juga berkontribusi yakni telah membantu menambah Pendapatan Asli Desa (PAD), memberikan dana sosial kepada mayarakat dan membuka lapangan pekerjaan. Hanya saja BUMDes Harapan Negeri ini tak lepas dari faktor penghambatnya sehingga masih terjadi ketimpangan kesejahteraan di dalam masyarakatnya. Peranan BUMDes Harapan Negeri ini sudah sesuai dengan Ekonomi Islam. Peranan BUMDes telah membantu dan mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhannya. Hal ini sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam itu sendiri yakni untuk kemaslahatan ummat. Prinsip yang digunakan BUMDes dalam menjalankan kegiatan usahanya juga sudah sesuai dengan ajaran Islam. Akan tetapi untuk peminjaman modal yang belum dikembalikan masyarakat yang menjadi factor penghambat perkembangan BUMDes belum sesuai dengan Prinsip Islam, karena dalam Islam kita diwajibkan membayar hutang mengingat dampak hutang yang dibawa sampai ke akhirat kelak. Keyword : Peranan, Kesejahteraan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 Feb 2021 14:10
Last Modified: 08 Feb 2021 14:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40223

Actions (login required)

View Item View Item