Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMILIHAN PASAR POTENSIAL KOMODITAS KELAPA KOPRA MENGGUNAKAN METODE ACKENRODE DAN TOPSIS (STUDI KASUS: KABUOATEN INDRAGIRI HILIR)

Gusti Adrianto, - (2021) PEMILIHAN PASAR POTENSIAL KOMODITAS KELAPA KOPRA MENGGUNAKAN METODE ACKENRODE DAN TOPSIS (STUDI KASUS: KABUOATEN INDRAGIRI HILIR). Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File Lengkap Sampai Lampiran Kecuali Hasil Penelitian (Bab IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian (Bab IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)

Abstract

Perusahaan kelapa ACC merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penampungan kelapa dari para petani yang ada di Kabupaten Indragiri Hillir. Kelapa yang telah terkumpul dijual ke perusahaan besar yang menjadi target penjualan kelapa perusahaan ACC yaitu PT. Pulau Sambu (PS), PT. Kurnia Tunggal (KT) dan PT. Inhil Sarimas Kelapa (ISK) dengan harga jual yang bervariasi dan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi pasar kelapa dunia. Masalah yang terjadi di perusahaan ACC yaitu keuntungan yang belum optimal, maka dari itu sangat diperlukan Pasar yang potensial dari penjualan kelapa kopra ini. Penulis meneliti mengenai pemilihan pasar potensial kelapa kopra dengan menggunakan Metode Eckenrode dan Topsis. Hasil perhitungan terhadap kriteria yang ada untuk menentukan pasar potensial komoditas kelapa kopra dengan menggunakan Metode Eckenrode didapatkan bobot tertinggi yaitu kriteria harga dengan nilai 0.444, dikuti dengan bobot waktu antrian dengan nilai 0,278, selanjudnya bobot jarak tempuh dengan nilai 0,167, dan terakhir yaitu bobot kelancaran pembayaran dengan nilai 0,111. Selanjutnya hasil perhitungan terhadap beberapa pasar alternatif, untuk memilih pasar potensial komoditas kelapa kopra dengan menggunakan Metode Topsis. Didapatkan pasar alternatif terpilih dari ketiga pasar yang ada adalah pasar alternatif yaitu PT. Kurnia Tunggal dengan nilai preferensi 0,5343.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 08 Feb 2021 13:31
Last Modified: 08 Feb 2021 13:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40208

Actions (login required)

View Item View Item