PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PERMAINAN (GAMES) ALA PERMAINAN JIGSAW DAN ALA PERMAINAN MENGHADAP RAJA PADA KELAS IV SDN 002 PANTAI CERMIN TAPUNG

Irianti, (2010) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PERMAINAN (GAMES) ALA PERMAINAN JIGSAW DAN ALA PERMAINAN MENGHADAP RAJA PADA KELAS IV SDN 002 PANTAI CERMIN TAPUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011145.pdf

Download (626kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar siswa kelas IV SDN 002 Pantai Cermin pada mata pelajaran pendidikan agama Islam relative rendah. Hal ini dapat dilihat dari prilaku siswa yang tidak memperhatikan guru menerangkan pelajaran, keaktifan yang kurang, tidak mampu mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan baik dan benar, akibatnya nilai siswa dalam mata pelajaran ini belum seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan agama Islam melalui metode games pada siswa kelas IV SDN 002 Pantai Cermin Tapung. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pengamatan dilakukan sebanyak 4 (empat) siklus (pertemuan). Pertemuan pertama menggunakan metode pembelajaran yang biasa dilakukan sehari-hari di sekolah (metode ceramah), pertemuan kedua, ketiga dan keempat digunakanlah metode games. Pengamatan dari keempat pertemuan itu kemudian dibagi menjadi dua kelompok besar yakni: tanpa menggunakan metode games dan menggunakan metode games. Hasil menggunakan metode games lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa menggunakan metode games (metode ceramah). Ini menandakan bahwa metode games lebih cepat meningkatkan motivasi belajar siswa ketimbang menggunakan metode yang tidak menggunakan metode games. Pembenaran hipotesis ini diperkuat oleh hasil pembuktian dengan rumus chi kuadrat (x2). Nilai chi kuadrat (x2) = 19,2 ini berarti lebih tinggi dari taraf signifikan 5% (9,49) maupun 1% (13,28). Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode bermain (games) dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 05:45
Last Modified: 21 Dec 2015 05:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40

Actions (login required)

View Item View Item