MUHAJIR LELO NASUTION (2012) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMITMEN AFEKTIF TERHADAP ORGANISASI DAN KEDISIPLINAN PADA GURU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.
|
Text
2013_201304PSI.pdf Download (517kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan komitmen afektif terhadap organisasi dan kedisplinan pada guru. Persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah adalah interpretasi guru terhadap aspek-aspek kepemimpinan transformasional yang ada pada kepala sekolah. Komitmen afektif terhadap organisasi atau sekolah adalah tingkat seberapa jauh seorang guru secara emosional, mengenal, terlibat dan terikat kepada sekolah atau organisasi. Kedisiplinan adalah kesadaran dan kesediaan dalam menjalankan atau menaati peraturan yang berlaku disekolah. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan sampel sebanyak 30 orang guru. Nilai koefisien reliabilitas skala persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah sebesar 0,9407, skala komitmen afektif terhadap organisasi memiliki nilai koefisien reliabilitas (α) sebesar 0,9018, dan skala kedisiplinan memiliki nilai koefisien reliabilitas (α) sebesar 0,9234 yang artinya reliabilitas dalam penelitian ini memuaskan. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi multivariate diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,004 metode Pillai’s Trace; 0,002 metode Wilks Lambda; 0,001 metode Hotelling’s Trace; 0,000 Roy’s Largest Root. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan komitmen afektif terhadap organisasi dan kedisiplinan. Hasil analisis persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan komitmen afektif terhadap organisasi pada taraf signifikasi 0,000 dengan korelasi sebesar 0,477. Ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan komitmen afektif terhadap organisasi. Serta hasil persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kedisiplinan pada taraf signifikasi 0,054 dengan korelasi sebesar 0,194. Ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kedisiplinan. Kata kunci : Persepsi, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Afektif terhadap Organisasi, Kedisiplinan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Klinis dan Agama |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 29 Apr 2016 04:30 |
Last Modified: | 29 Apr 2016 04:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3961 |
Actions (login required)
View Item |