Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

دراسة الدقاررةة ن فعرلية تطبيق الإملاء الدنظور والإملاء الدنقاول بالطريقاة الدبرشرة لترقية مهررة الكتربة لدى تلاميذ الفصل الحردي نشر في الددرسة الثرةوية الإسلامية بمعهد دار القاران كمبرر

Desy Kusuma Ningrum, - (2021) دراسة الدقاررةة ن فعرلية تطبيق الإملاء الدنظور والإملاء الدنقاول بالطريقاة الدبرشرة لترقية مهررة الكتربة لدى تلاميذ الفصل الحردي نشر في الددرسة الثرةوية الإسلامية بمعهد دار القاران كمبرر. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESY KUSUMA NINGRUM.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Desy Kusuma Ningrum, (2020) : Studi Komparasi Efektivitas Penerapan Imla’ Al-Mandhur dan Imla’ Al-Manqul Dengan Metode Langsung Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Qur’an Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara imla’ al-mandhur dan imla’ al-manqul dengan metode langsung untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Qur’an Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan yang signifikan antara imla’ al-mandhur dan imla’ al-manqul yang lebih Efektifd dengan metode langsung untuk meninggkatkan kemampuan menulis siswa di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Qur’an Kampar?”. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dimulai dengan merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi dan test. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Qur’an Kampar tahun ajaran 2019/2021 yaitu kelas XI A dan kelas XI B, disini tidak menggunakan sampel karena populasi yang terbatas. Objek penelitian ini adalah Studi Komparasi Efektivitas Penerapan Imla’ Al-Manqul dan Imla’ Al-Mandhur dengan metode langsung untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa di Madrasah AliyahPondok Pesantren Darul Qur’an Kampar. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa kedua jenis Imla’ terbukti efektif meningkatkan nilai siswa, namun Ilma’ Al-Mandhur lebih efektif dari pada Imla’ Al--Manqul untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Qur’an Kampar. Hal ini ditunjukkan dengan uji hipotesis posttest yang di bandingkan dengan hasil pretestnya. Hasil uji hipotesis posttest menggunakan uji T menunjukkan bahwa nilai signifikasinya adalah (0.000< 0,05). dengan demikian, hasil rentan nilai imla’al- mandhur lebih tinggi yaitu 24,80 dengan pretest 62,40 dan posttest 84,20 dibandingkan dengan hasil rentan nilai imla’ manqul 14.00 dengan pretest 53.60 dan posttest 67.60. Yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci :Studi Komparasi, imla’ al-mandhur dan imla’ al-manqul, Kemampuan Menulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Feb 2021 05:03
Last Modified: 05 Feb 2021 05:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/39508

Actions (login required)

View Item View Item