Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELFEFFICACY SISWA SMP/MTs PEKANBARU

Eva Hariyani, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELFEFFICACY SISWA SMP/MTs PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI EVA HARIYANI.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Eva Hariyani, (2020) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP /MTS Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung berdasarkan Self Efficacy siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Faktorial Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.C sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII.B sebagai kelas Kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, soal posttest kemampuan komunikasi matematis, angket self efficacy, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Based Learning (BBL) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki Self Efficacy Tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMP 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan Self Efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Based Learning (BBL), Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy, Factorial Eksperimental Design, Teorema Phytagoras

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Feb 2021 12:07
Last Modified: 08 Feb 2021 12:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/39449

Actions (login required)

View Item View Item