Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMPARASI POPULASI BAKTERI TANAH DI LAHAN RAWA PASANG SURUT PADA TIPE PENGGUNAAN LAHAN DI KECAMATAN KEMPAS

AHMAD SYAIFUDIN, - (2020) KOMPARASI POPULASI BAKTERI TANAH DI LAHAN RAWA PASANG SURUT PADA TIPE PENGGUNAAN LAHAN DI KECAMATAN KEMPAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRISPI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

KOMPARASI POPULASI BAKTERI TANAH DI LAHAN RAWA PASANG SURUT PADA TIPE PENGGUNAAN LAHAN DI KECAMATAN KEMPAS Ahmad Syaifudin (11582103215) Di bawah bimbingan Irwan Taslapratama dan Penti Suryani INTISARI Mikroorganisme tanah merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi kesuburan tanah sebagian besar pertumbuhan tanaman tidak lepas dari peran mikroorganisme tanah untuk peran hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Tetapi mikroorganisme tanah sangat sensitif terhadap perubahan yang diakibatkan pemanfaatan lahan sebagai areal pertanian seperti pemberian pupuk, pemakaian pestisida, pengolahan tanah, dan saat pemanenan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan jumlah total sel bakteri tanah di lahan rawa pasang surut pada tipe penggunaan lahan padi, kelapa sawit, kelapa dalam dan karet dan mengetetahui karakteristik makroskopis koloni bakteri tanah di lahan rawa pasang surut pada tipe penggunaan lahan padi, kelapa sawit, kelapa dalam dan karet di Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus - September 2019 telah dilakukan di laboratorium Patologi, Entomologi, Mikrobiologi dan Ilmu Tanah (PEMTA) UIN SUSKA RIAU. Laboratorium Pengujian BPTP Riau, Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Kimia dan UPT Laboratorium Kesehatan dan Lingkungan Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan jumlah total sel populasi bakteri tanah di lahan rawa pasang surut dengan tipe penggunaan lahan padi, kelapa sawit, kelapa dalam dan karet di Desa Kempas Jaya Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir memiliki jumlah sel yang hampir sama. Hasil rataan jumlah total sel bakteri lahan karet lebih banyak dengan jumlah 2,03 x 1012 CFU/g tanah di bandingkan jumlah populasi bakteri pada padi, kelapa sawit dan kelapa dalam. Dan hasil rataan jumlah populasi sel bakteri paling sedikit terdapat pada lahan kelapa sawit dengan jumlah 1,08 x 1012 CFU/g tanah, dan menujukan perbedaan populasi bakteri tidak berbeda jauh. Ditemukan 4 isolat berbeda pada semua perkebunan, dari 4 jenis isolat bakteri ditemukan karakteristik morfologi koloni bakteri secara makroskopis menunjukan empat macam bentuk, yaitu tiga diantaranya menyebar tidak teratur dan satu bulat. Untuk tepi koloni dua diantaranya tidak teratur, satu bergelombang dan satu halus. Untuk permukaan koloni dua diantaranya timbul, satu berbukit dan satu datar. Pada pengamatan warna koloni ditemukan tiga diantaranya abu-abu dan satu putih susu. Kata kunci : Bakteri, Kedalaman Tanah, Jumlah sel, Karakteristik makroskopis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:47
Last Modified: 08 Feb 2021 04:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/39277

Actions (login required)

View Item View Item