ANALISIS IMPLEMENTASI DAFTAR PENILAIAN PELAKSANAAN PEKERJAAN (DP3) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR BAPPEDA PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Yundika Pradina, (2011) ANALISIS IMPLEMENTASI DAFTAR PENILAIAN PELAKSANAAN PEKERJAAN (DP3) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR BAPPEDA PROVINSI KEPULAUAN RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201113.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Pegawai Negri Sipil sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dituntut untuk menunjukkan kinerja dan memberikan peranan yang optimal dalam pembangunan nasional. Pembangunan aparatur pemerintahan ini diarahkan pada makin terwujudnya administrasi Negara yang mampu menjamin kelancaran dan keterpaduan tugas, fungsi penyelanggaraan pemerintahan dan system Administrasi Negara yang handal, professional, efsien dan efektif. Salah satu factor yang dapat memotivasi pegawai untuk dapat meningkatkan produktivitas kerja nya adalah dengan memberikan penilaian terhadap pekerjaan yang telah dilakukan pegawai. Penilaian pegawai tersebut tertuang dalam Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi DP3 den pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja pegawai di Kantor Bappeda Provinsi Kepulauan Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif kemudian dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh tanggapan responden mengenai pengaruh DP3 dengan indicator metode Dp3, mekanisme DP3, substansi DP3 dan bias terhadap penilaian masing-masing masuk dalam kategori “Setuju”. Sedangkan kinerja Pagawai Negeri Sipil di Kantor Bappeda Provinsi Kepri, keberhasilanya dapat dilihat dari indikator-indikator kemampuan, keterampilan, kerjasama dan hasil kerja, masing-masing indikator masuk dalam kategori “setuju”. Sehingga dapat disimpulkan Analisis pengaruh DP3 terhadap kinerja Pegawai di Kantor Bappeda Provinsi Kepulauan Riau dengan menggunakan regresi linear sederhana diperoleh nilai koefisiensi determinasi (R Square) sebesar 8% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2, 461 > 2,291 artinya DP3 berpengaruh secara nyata (signifikan) terhadap kinerja pegawai pada Kantor Bappeda Provinsi Kepulauan Riau. Penulis menyarankan kepada Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Riau dapat meningkatkan kinerja pegawai dengan memperhatikan kecakapan dan keterampilan pegawai melalui pendidikan dan latihan yang sesuai dengan bidang dan tugas yang digeluti pagawai serta meningkatkan kerjasama antara sesama pegawai dan melakukan evalusai-evaluasi terhadap hasil kerja secara rutin, serta dalam implemetasi DP3 di instansi terkait hendaklah sesuai dengan prestasi kerja yang diberikan pegawai kepada organisasi, sehingga pegawai merasa kontribusi yang telah diberikan pegawai terhadap organisasi dapat benar-benar dilihat berdasarkan prestasi kerja yang telah dihasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 06 Jan 2016 04:53
Last Modified: 06 Jan 2016 04:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item View Item