Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik dalam Belajar Matematika pada Tema Bermain di Lingkunganku di Kelas II MIN 2 Indragiri Hulu.

Bella Khofifah, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik dalam Belajar Matematika pada Tema Bermain di Lingkunganku di Kelas II MIN 2 Indragiri Hulu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)

Abstract

ABSTRAK Bella Khofifah, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik dalam Belajar Matematika pada Tema Bermain di Lingkunganku di Kelas II MIN 2 Indragiri Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam belajar matematika pada tema bermain di lingkunganku di kelas II MIN 2 Indragiri Hulu melalui penerapan model pembelajaran concept attainment. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep peserta didik, hal ini terlihat dari 30 orang peserta didik hanya 13 orang atau 43,33% peserta didik yang dapat menyatakan ulang sebuah konsep. Dari 30 orang peserta didik hanya 20 orang atau 66,6% peserta didik yang dapat menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu. Dari 30 orang peserta didik hanya 11 orang atau 36,6% peserta didik dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang pendidik dan 30 orang peserta didik kelas II MIN 2 Indragiri Hulu tahun pelajaran 2019/2020. Objek penelitian ini adalah model concept attainment dan kemampuan pemahaman konsep matematis. Adapun teknik pengumpulan data observasi, tes, dokumentasi, catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data ini menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data sebelum tindakan kemampuan pemahaman konsep peserta didik berada pada kategori rendah dengan rata-rata skor 38,5 sedangkan setelah melakukan penerapan model pembelajaran concept attainment, pada siklus I kemampuan pemahaman konsep belajar peserta didik berada pada kategori tinggi, dengan rata-rata skor 52. Pada siklus II kemampuan pemahaman konsep belajar peserta didik berada pada klasifikasi tinggi, dengan rata-rata skor 54,7. Dengan demikian, model pembelajaran Concept Attainment, dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan berulang di Kelas II MIN 2 Indragiri Hulu. Kata Kunci: Model Pembelajaran Concept Attainment dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Feb 2021 05:16
Last Modified: 05 Feb 2021 11:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38988

Actions (login required)

View Item View Item