Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN INFORMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) TENGKU SULUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

RAHMATANG, - (2020) IMPLEMENTASI PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN INFORMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) TENGKU SULUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMATANG EDIT.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rumah sakit merupakan salah satu dari sarana kesehatan yang juga merupakan tempat menyelenggarakan upaya kesehatan yaitu setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Sejauh ini belum banyak mengalami peningkatan sehingga dalam meningkatkan pelayanan informasi masih berkurang sehingga masyarakat dan pasien yang datang kurang diberi pelayanan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk implementasi public relations dalam meningkatkan pelayanan informasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Sulung.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Credibility (Kepercayaan) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Sulung melaksanakan bentuk kepercayaan melalui sosialisasi kepada masyarakat. (2) Context (Konteks) Penyampaian informasi kepada masyarakat dengan interaksi dan komunikasi yang baik dan jelas. (3) Content (Isi Pesan) Pelayanan informasi yang diberikan pihak Rumah Sakit harus benar-benar tepat sasaran. (4) Clarity (Kejelasan dan ketepatan) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Sulung memberikan dan melaksanakan sosialisasi yang disampaikan kepada pasien dan masyarakat, mulai dari sosialisasi tentang pengobatan gratis. (5) Capability of Audience (Kemampuan Audiens) sebagai Komunikator dalam memberikan pelayanan informasi juga jelas dan mudah dipahami oleh pasien atau masyarakat. (6) Saluran Media, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Sulung sendiri menggunakan facebook sebagai media alternatif dalam menyampaikan informasi. Kata Kunci: Rumah Sakit, Pelayanan Informasi, Public Relation, masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 05 Feb 2021 11:08
Last Modified: 05 Feb 2021 11:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38987

Actions (login required)

View Item View Item