Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEWAJIBAN ISTRI SEBAGAI TENAGA KERJA WANITA(TKW) DALAM MENGASUH DAN MEMELIHARA ANAK DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun)

Radhiyah, - (2020) KEWAJIBAN ISTRI SEBAGAI TENAGA KERJA WANITA(TKW) DALAM MENGASUH DAN MEMELIHARA ANAK DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Radhiyah (2020): Kewajiban Istri Sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) Dalam Mengasuh dan Memelihara Anak Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya istri yang bekerja sebagai TKW di kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing. Penyebab terjadinya karena kondisi ekonomi yang semakin hari semakinsulit dan suami tidak mampu mencari nafkah. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apa alasan-alasan istri di Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing memilih bekerja sebagai TKW dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap istri yang bekerja sebagai TKW dalam mengasuh dan memelihara anak di Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 7 orang istri yang Bekerja sebagai TKW di Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing. Jumlah sampel yang diambil yaitu 7 orang yang terdiri dari istri yang bekerja sebagai TKW dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa istri yang bekerja sebagai TKW di Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing tidak dapat melaksanakan kewajibannya sebagai ibu dalam mengasuh dan memelihara anak dengan baik karena pekerjaan sebagai TKW membutuhkan waktu yang lama bahkan berbulan-bulan untuk bekerja ke luar negeri. Dalam pandangan hukum Islam mencari nafkah adalah kewajiban suami bukan istri, akan tetapi jika suami tidak sanggup dalam mencari nafkah seorang diri istri boleh membantu suami dalam mencari nafkah dengan syarat harus atas izin suami, aman, jenis pekerjaan jelas, pekerjaannya tidak ada unsur-unsur kemaksiatan. Akan tetapi TKW di luar negeri tidak dibenarkan dalam agama Islam, meskipun tidak diharamkan. Karena lebih banyak membawa mudharat dari pada kemaslahatannya. Kata kunci : TKW, Hak dan Kewajiban, Asuh, Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Feb 2021 07:56
Last Modified: 05 Feb 2021 07:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38683

Actions (login required)

View Item View Item