Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH DINIYAH PUTERI PEKANBARU

NOVA ARYATI NINGRUM, - (2021) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH DINIYAH PUTERI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Nova Aryati Ningrum, (2021): Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok dengan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) implementasi layanan bimbingan kelompok dengan model cooperative learning tipe teams games tournament untuk meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi layanan bimbingan kelompok dengan model cooperative learning tipe teams games tournament untuk meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Informan penelitian ini adalah satu orang guru bimbingan dan konseling dan dua orang siswa menjadi informan tambahan yang telah mendapat layanan bimbingan kelompok. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari wawancara dan dokumentasi. Triangulasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru BK telah melaksanakan layanan bimbingan kelompok sesuai dengan prosedur layanan bimbingan kelompok dan telah melaksanakan model cooperative learning tipe teams games tournament. Dengan menggunakan model cooperative learning tipe teams games tournament dapat meningkatkan minat belajar siswa secara perlahan dan siswa merasa tidak bosan dengan kegiatan tersebut. Sedangkan faktor pendukung dan penghambatnya, yaitu: (1) faktor pendukungnya adalah anggota kelompok sangat antusias, sangat bersemangat, senang, dan nyaman ketika mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan model cooperative learning tipe teams games tournament tersebut. (2) faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu ketika melaksanakan kegiatan layanan bimbinga kelompok dengan model cooperative learning tipe teams games tournament sehingga kegiatan tersebut menyebabkan menjadi kurang efektif dan masih ada siswa yang tidak sukarela mengikuti kegiatan layanan bimbingan kelompok tersebut . Kata Kunci: Implementasi, Layanan Bimbingan Kelompok, Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:20
Last Modified: 03 Feb 2021 04:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38588

Actions (login required)

View Item View Item