NOVA ARYATI NINGRUM, - (2021) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH DINIYAH PUTERI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Nova Aryati Ningrum, (2021): Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok dengan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) implementasi layanan bimbingan kelompok dengan model cooperative learning tipe teams games tournament untuk meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi layanan bimbingan kelompok dengan model cooperative learning tipe teams games tournament untuk meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Informan penelitian ini adalah satu orang guru bimbingan dan konseling dan dua orang siswa menjadi informan tambahan yang telah mendapat layanan bimbingan kelompok. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari wawancara dan dokumentasi. Triangulasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru BK telah melaksanakan layanan bimbingan kelompok sesuai dengan prosedur layanan bimbingan kelompok dan telah melaksanakan model cooperative learning tipe teams games tournament. Dengan menggunakan model cooperative learning tipe teams games tournament dapat meningkatkan minat belajar siswa secara perlahan dan siswa merasa tidak bosan dengan kegiatan tersebut. Sedangkan faktor pendukung dan penghambatnya, yaitu: (1) faktor pendukungnya adalah anggota kelompok sangat antusias, sangat bersemangat, senang, dan nyaman ketika mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan model cooperative learning tipe teams games tournament tersebut. (2) faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu ketika melaksanakan kegiatan layanan bimbinga kelompok dengan model cooperative learning tipe teams games tournament sehingga kegiatan tersebut menyebabkan menjadi kurang efektif dan masih ada siswa yang tidak sukarela mengikuti kegiatan layanan bimbingan kelompok tersebut . Kata Kunci: Implementasi, Layanan Bimbingan Kelompok, Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 04:20 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 04:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38588 |
Actions (login required)
View Item |