Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP DALAM PENGAWASAN LIMBAH INDUSTRI SAGU DI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI (STUDI KASUS KECAMATAN TEBING TINGGI BARAT)

MUHAMMAD ROIS, - (2020) PERAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP DALAM PENGAWASAN LIMBAH INDUSTRI SAGU DI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI (STUDI KASUS KECAMATAN TEBING TINGGI BARAT). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peran Dinas Lingkungan Hidup dalam Pengawasan Limbah Industri Sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti (Studi Kasus Kecamatan Tebing Tinggi Barat) Oleh : Muhammad Rois Nim. 11375102647 Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan salah satu kabupaten di wilayah Provinsi Riau yang memiliki potensi yang cukup besar dibidang perindustrian. Kepulauan Meranti diketahui sebagai daerah penghasil dan pengekspor sagu terbesar di Indonesia dengan produksi sagu mencapai 171.429 ton per tahun. Banyaknya masyarakat yang berkebun sagu membuat keberadaan industri sagu mulai tumbuh dan berkembang pesat, salah satunya di Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Hingga saat ini Kecamatan Tebing Tinggi Barat tercatat sebagai daerah perkebunan sagu terluas dan terbanyak dibandingkan Kecamatan-kecamatan lainnya. Jumlah kepemilikan usaha sagu di Kecamatan Tebing Tinggi Barat yang terdaftar dan yang belum terdaftar sampai saat ini dinilai melebihi kapasitas pengawasan. Akibatnya sebagian industri sagu milik masyarakat tidak terkontrol dan sering kali mengakibatkan pencemaran lingkungan yang berlebihan. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk mengetahui Peran Dinas Lingkungan Hidup dalam Pengawasan Limbah Industri Sagu di Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti serta mengetahui kendala yang dihadapi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Meranti dalam melaksanakan pengawasan limbah industri sagu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumentasi. informan dalam penelitian ini berjumlah 8 (delapan) orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Dinas Lingkungan Hidup terhadap pengawasan limbah industri sagu sudah terlaksana dengan baik, meskipun dalam pelaksanaannya masih perlu dilakukan optimalisasi. Setiap Bidang yang tergabung dalam pengawasan limbah industri sagu telah memperlihatkan perannya dalam menjalankan tugas serta fungsinya dengan baik, mulai dari pelaksanaan pemantauan, pelaksanaan penanggulangan serta pelaksanaan pembinaan, hanya saja berhubung banyaknya kendala yang muncul diluar jangkauan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Meranti dalam pengawasan membuat peran Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Meranti jadi kurang efektif. Kata Kunci: Peran, Pengawasan, Limbah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 05 Feb 2021 04:45
Last Modified: 05 Feb 2021 04:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38579

Actions (login required)

View Item View Item