TESA KURNIA, - (2020) DAMPAK TERPAAN E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
BAB I - BAB VI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena zaman yang semakin canggih dan pesat terutama internet yang berkembang menjadi ajang komunikasi yang sangat cepat dan efektif, internet telah tumbuh menjadi sedemikian besar dan berdaya sebagai alat informasi dan komunikasi yang tak dapat diabaikan seperti misalnya Salah satu kemudahan yang terasa ialah khalayak dapat berbelanja kapan pun dan dimana pun pada saat dibutuhkan yaitu dengan berbelanja online. Sejak adanya internet, jual beli online atau e-commerce memang menjadi trend baru di masyarakat. Merajuk dari latar belakang diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu, bagaimana dampak terpaan e-commerce shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswi fakultas dakwah dan komunikasi UIN Suska Riau dan seberapabesarkah dampak terpaan e-commerce shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswi UIN Suska Riau. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah : Teori “uses and gratifications” yaitu teori penggunaan (uses) isi media untuk mendapatkan pemenuhan (gratifications) atas kebutuhan seseorang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, metode yang di gunakan adalah metode random, jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 196 mahasiswi (perempuan), sampel yang diambil sebesar 66 orang menggunkan rumus slovin 10%. Jenis data yang yang digunakan adalah data primer yang di dapat dari data primer yang di dapat dari penyebaran angket kepada mahasiswi jurusan ilmu komunikasi angkatan 2016 UIN Suska Riau. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel dampak terpaan e-commerce shopee yang meliputi gerakan, intensitas stimuli, kebaruan dan perulangan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai F hitung nilai 0.646 dengan tingkat signifikan 1% 0.01 sehingga posisi korelasinya berada 0,70- 0.79 dengan makna hubungan yang kuat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 06:47 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 06:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38547 |
Actions (login required)
View Item |