Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI READING ALOUDUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMANSISWA PADA TEMA HIDUP RUKUN KELAS II SD IT IBNU QOYYIM PEKANBARU

Nori Sarmiati, - (2021) PENERAPAN STRATEGI READING ALOUDUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMANSISWA PADA TEMA HIDUP RUKUN KELAS II SD IT IBNU QOYYIM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NORI SARMIATI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nori Sarmiati, (2020) : Penerapan Strategi Reading Aloud untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema Hidup Rukun Kelas II SD IT Ibnu Qoyyim Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema hidup rukun melalui penerapan strategi reading aloud kelas II SD IT Ibnu Qoyyim Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pehamaman siswa dalam proses pembelajaran tema di kelas II B. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa kelas II SD IT Ibnu Qoyyim Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah penerapan strategi reading aloud dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa strategi reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan ratarata kemampuan membaca pemahaman hanya mencapai 55 dan berada pada kategori kurang. Kemudian setelah menerapkan strategi reading aloud pada siklus I rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat mencapai 65,25 dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa semakin meningkat yaitu mencapai 77,38 atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema hidup rukun kelas II SD IT Ibnu Qoyyim Pekanbaru. Kata Kunci : Strategi Reading Aloud, Kemampuan Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:28
Last Modified: 03 Feb 2021 04:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38537

Actions (login required)

View Item View Item