SUHAIDI, - (2020) Pengembangan Kurikulum Majlis Taklim dalam Meningkatkan Paham Keagamaan Masyarakat (Studi Majlis Taklim Se Tembilahan). Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV ).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (967kB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : SUHAIDI NIM : 31494106357 Judul : Pengembangan Kurikulum Majlis Taklim dalam Meningkatkan Paham Keagamaan Masyarakat (Studi Majlis Taklim Se Tembilahan). Majlis Taklim di Tembilahan sudah dapat dikatakan memiliki kurikulum akan tetapi belum tertulis secara sempurna. Pembelajaran masih tergolong tradisionalis, karena sifatnya masih membacakan bagian-bagian penting dari sebuah kitab (buku) lalu dijelaskan kepada peserta didik (Jamaah) dengan tiada ukuran tingkat keberhasilan dalam pembelajaran. Selain dari pada itu pula, materi selalu terjadi pengulangan berkali-kali. Tujuan dari majlis belum tertulis, materi belum disusun dengan sitematis, metode yang digunakan masih ceramah, evaluasi pun belum terlaksana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reseach and development (penelitian dan pengembangan). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Majlis Taklim yang ada di Tembilahan yaitu 8 Majlis Taklim dengan sampel yang dijadikan uji coba yaitu Majlis Ar-Rasyidin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yaitu deskriptif dengan proses keabsahan melalui Presistent Observation, Triangulasi,Peerderieting. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Selama ini majlis Taklim di Tembilahan belum mengembangkan kurikulum secara sempurna (tertulis). Majlis Taklim yang menggunakan kurikulum secara sempurna terbukti lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat. (2) Pengembangan kurikulum dilakukan pada tiga mata pelajaran yaitu Ilmu Fiqih, Ilmu Tauhid dan Tasawuf untuk level majlis Taklim dengan pengembangan dari komponen visi misi, tujuan, isi/materi, metode dan evaluasi serta langkah-langkah pembelajaran. Komponen visi, misi, tujuan, materi, metode dan evaluasi dikaitkkan dengan langkah-langkah pembelajaran yang telah dikembangkan secara sistematis sebagai komponen implementasi dari komponen lainnya. (3) Nilai yang terkandung dalam Pengembangan Kurikulum Majlis Taklim dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat yaitu Fundamental, Sistematis dna Pragmatis. (4) Adapun keunggulan dalam pengembangan kurikulum majlis Taklim meliputi komponen visi misi, tujuan, isi/ materi, metode, evaluasi dan langkah-langkah pembelajaran yang telah dikembangkan secara sistematis dan berdasarkan fakta dilapangan, melalui uji coba bertahap dari terbatas, luas dan lebih luas menunjukkan adanya peningkatan pemahaman keagamaan masyarakat khusunya pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Oleh sebab itu, peneliti merasa yakin, jika peserta didik (jamaah) mengikuti pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang dikembangkan secara tuntas, maka peserta didik akan dapat mudah dan cepat menguasai bidang pelajaran khususnya Ilmu Fiqih, Ilmu Tauhid dan Tasawuf.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 11:25 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 11:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38534 |
Actions (login required)
View Item |