Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Kegiatan Keagamaan Terhadap Sikap Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru

M.A.F. Al Ghazali Yaspan, - (2020) Pengaruh Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Kegiatan Keagamaan Terhadap Sikap Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)

Abstract

ABSTRAK M.A.F. Al Ghazali Yaspan, 2020 : Pengaruh Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Kegiatan Keagamaan Terhadap Sikap Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru Penelitian ini didasari oleh pembelajaran PAI. Pembelajaran PAI, diharapkan mampu membentengi siswa dari berbagai pengaruh negatif lingkungan, sekaligus dapat menjadi agen sosial (social agent) menuju masyarakat yang lebih berperadaban (civil society). Selain itu kegiatan keagamaan juga sangat diperlukan untuk memperbaiki sikap siswa. Sikap siswa tentunya tidak hanya dipengaruhi oleh tiga ranah di atas, karena tiga ranah tersebut masih terbatas pada pengaruh pendidikan di sekolah. Penelitian ini menghubungkan variabel pembelajaran PAI, kegiatan keagamaan dan sikap siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel independen terdiri dari pelaksanaan pembelajaran PAI (X1) dan mengikuti kegiatan keagamaan (X2). Variabel dependen yaitu sikap siswa (Y). adapun responden dalam penelitian ini sebanyak 2.007 siswa sebagai populasi dan di tarik sampel sebanyak 95 siswa. Teknik pengumpulan data mengumpulkan angket untuk data kuantitatif kemudian wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai kontribusi penelitian ini dari persentase sumbangan pengaruh variabel independen (pembelajaran PAI dan kegiatan keagamaan) terhadap variabel dependen (sikap siswa) sebesar 52.1%. Sedangkan sebanyak 47.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata kunci: Mengikuti Pembelajaran PAI, Kegiatan Keagamaan, Sikap Siswa

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 03 Feb 2021 11:09
Last Modified: 03 Feb 2021 11:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38528

Actions (login required)

View Item View Item